Dipuji SBY “Musang Berbulu Domba”, Anies Tak Terbang

Seperti tokoh Ethan Hunt dalam Mission Impossible yang melepas topengnya, begitu juga dengan Anies

Meski sudah dirahasiakan sedemikian rupa dengan bergonta-ganti mobil sampai tiga kali, pertemuan Airlangga dengan Anies terendus. Akibatnya, Airlangga mendapatkan ganjarannya, kursi ketua umumnya digoyang dan diancam akan dipidanakan.

Insiden yang dialami oleh Airlangga ini pastinya menjadi pelajaran bagi Anies, khususnya Cak Imin untuk lebih berhati-hati.

Karena kehati-hatiannya itu, Anies harus piawai dalam memerankan “domba” saat berada di KPP. Dan, sebisa mungkin Anies harus bisa mengulur-ulur waktu sampai batas akhir pendaftaran capres-cawapres pada 25 November 2023. Ini dimaksudkan untuk mengamankan PKB di kabinet Jokowi. Tak hanya itu, Cak Imin pun harus dijauhkan dari ancaman kudeta dan upaya kriminalisasi.

Ancaman datang kepada Anies saat Demokrat semakin mendesak agar KPP segera memilih AHY sebagai cawapres dan mendeklarasikannya. Desakan Demokrat ini terus menguat. Puncaknya pada 28 Agustus 2023. Pada hari itu KPP bisa dibilang sudah bubar karena deadlock.

Bubarnya KPP passtinya berpengaruh buruk pada elektabilitas Anies. Surya Paloh sebagai tokoh sentral koalisi “kamar gelap” bertindak cepat. Malam 29 Agustus 2023 atau hanya sehari setelah KPP mengalami deadlock, Surya memanggil Cak Imin dan memintanya menyetujui menjadi cawapres Anies. Pada waktu yang hampir bersamaan. 

Langkah Surya ini sama saja dengan mengungkapkan kepada publik tentang keberadaan koalisi tanpa nama yang selama berbulan-bulan dirahasiakan.

Ethan Hunt
Ethan Hunt melepas topengnya (Sumber: Cinemablend)

Diungkapnya koalisi ini sama saja membuat Anies melepaskan “bulu domba” yang selama ini dikenakannya. Anies membuka jati dirinya.

Seperti tokoh Ethan Hunt dalam Mission Impossible yang melepas topengnya, begitu juga dengan Anies.

Kubu KPP pun terkejut. Mereka tak menyangka bila Anies mengenakan “bulu domba”. 

Inilah yang membuat kekaguman SBY kepada Anies semakin besar. Dengan mengaku mendapat kiriman pesan, SBY pun lantas memuji Anies dengan peribahasa “musang berbulu domba”.

Mendapatkan pujian dari SBY tak membuat Anies terbang. Baginya, dihina tak tumbang, dipuji tak terbang.

Baca:

Bukan Pengkhianatan: Duet Anies-Cak Imin Lahir di “Kamar Sebelah” yang Gelap